Tuesday 28 February 2017

DETECTIVE CONAN DAN SHERLOCK HOLMES

Detective Conan dan Sherlock Holmes [oleh: mfnst]
Salam. . .
Bagi para penggemar manga Detective Conan, nama Sherlock Holmes pasti bukan asing lagi. Begitu pula saya, pertama kali saya mengenal sherlock holmes memang dari manga ini. Aoyama Gosho sang pengarang detective conan agaknya terinspirasi dengan sherlock holmes hingga nama detektif ciptaanya pun diberi “conan” yaitu dari sang penulis sherlock holmes sir arthur conan doyle.


Bagi yang belum mengetahui, Detective conan adalah serial manga jepang dan anime yang ditulis dan diilustrasikan oleh Aoyama Gosho sejak 19 Januari 1994. Manga ini bercerita tentang Shinichi Kudo detektif muda luar biasa yang secara tidak sengaja berubah menjadi seorang anak kecil setelah diracuni oleh dua laki-laki berjubah hitam yang dikenal sebagai Organisasi Hitam. Dia berambisi untuk menangkap Organisasi Hitam dan menemukan obat penawar untuk APTX 4869 agar kembali menjadi seorang siswa SMA normal.

Cukup mengenai detektif conannya, kita lanjut membahas mengenai keterkaitan sherlock holmes dan conan. Sebenarnya sangat banyak kaitan atau hubungan antara dua detektif terkenal ini, contohnya saja metode deduktif shinichi kudo yang sangat mirip dengan holmes hingga beberapa cerita yang berhubungan dengan holmes seperti:

Dalam Roller Coaster Murder Case Shinichi menceritakan kepada Ran mengenai ilmu deduksi holmes ketika pertama kali bertemu watson.
Dalam Company President's Daughter Kidnapping Case Shinichi yang mengecil, menggunakan metode deduksi holmes untuk memberi bukti pad prof agasa bahwa ia merupakan shinichi yang asli. Petunjuk utama dalam episode ini adalah anjing yang tidak menggonggong sama dengan kasus "Silver Blaze".
Dalam Holmes Freak Murder Case ada beberapa hubungan dengan cerita Holmes. "Mycroft" adalah nama kakak holmes, dan motif si pembunuh adalah karena salah satu korban mengotori karakter Irene Adler.
Dalam  Chinatown Deja Vu in the Rain nama restoran Cina yang Conan, Ran dan Kogoro kunjungi bisa diterjemahkan sebagai " Menara Conan Doyle"
Dalam  The Convenience Store Trap Ran ingat kutipan dari Holmes yang diceritakan Shinichi "When you have eliminated the impossible, whatever remains, however improbable, must be the truth - Bila Anda telah menghilangkan tidak mungkin, apa pun yang tersisa, namun tidak mungkin, harus kebenaran" Menggunakan kutipan ini Ran menyimpulkan pelaku yang telah mencuri barang-barang dari toko.
Dalam  Holmes' Revelation pelaku pemboman memberikan petunjuk menggunakan judul dan kutipan holmes untuk memberikan petunjuk di mana tempat pengeboman berikutnya.
Dalam The Phantom of Baker Street, latar belakang dan seting virtual berdasarkan cerita holmes di London.

Segitu dulu mengenai Detective Conan dan Sherlock Holmes nya yang membuat saya hobi membaca kisah-kisah misteri entah iu novel, komik aaupun film. Semoga bermanfaat [^_^]

Terima Kasih. . . (CMIIW)

Sumber

Novel Sherlock Holmes
Detective Conan Manga