Saturday 9 January 2016

SUMATERA BARAT MAP TYPOGRAPHY ART

Sumatera Barat Typography Map Art [oleh: mfnst]
Salam. . .


Kampung halaman merupakan salah satu tempat yang paling berkesan dan tidak bisa dilupakan, sejauh manapun pergi merantau keinginan untuk pulang bertemu seluruh keluarga, mengenang masa kecil atau bernostalgia bersama teman menjadikan kampung halaman sebagai tempat yang selalu teringat. Di Indonesia apalagi, terlihat dari budaya mudik nya setiap tahun dan setiap berkenalan biasanya ada pertanyaan “asal nya dari mana? ?”.

Saya (mfnst) berasal dari sebuah jorong (desa) kecil bernama Bukit Gombak di kota Batusangkar provinsi Sumatera Barat. Yap saya orang minang atau kebanyakan orang menyebut nya orang padang (gak tahu asal-usul nya dari mana mungkin imbas dari menjamurnya rumah makan padang di seluruh Indonesia) sebenarnya gak ada yang salah disebut orang padang tetapi kalau saya lebih suka disebut urang minang atau urang awak.

Nah begitu saya belajar dan iseng membuat typography art, hal pertama yang saya jadikan bahan adalah peta Sumatera Barat.

Sumatera Barat

Sumatera Barat adalah salah salah satu provinsi Indonesia yang terletak di pesisir barat pulau Sumatera bagian tengah dengan Padang sebagai ibu kotanya. Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan mempunyai kontur tanah yang berbukit-bukit karena merupakan jalur dari bukit barisan. Provinsi ini terdiri dari 12 kabupaten dan 7 kota dengan keunikan pembagian wilayah administratif sesudah kecamatan di seluruh kabupaten (kecuali kabupaten Kepulauan Mentawai) dinamakan Nagari. Mayoritas penduduk Sumatera Barat adalah suku Minangkabau. Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Minang, namun mempunyai dialek yang berbeda disetiap daerah nya.

Jika berbicara daerah di Indonesia pasti tidak lepas dari budaya dan tempat wisata, karena memang Indonesia mempunyai kekayaan alam dan budaya yang sangat banyak. Tempat wisata di Sumatera Barat sangat banyak mulai dari wisata alam hingga wisata budaya. Wisata budaya dan monumen bersejarah contohnya yang terkenal Istano Basa Pagaruyuang, Jam Gadang, Museum Kereta Api Sawahlunto, Lubang Jepang dan lain-lain. Untuk wisata alam pun banyak mulai dari Pantai (Pantai Aia Manih, Pantai Carocok, dll), Ngarai & Lembah (Lembah Harau, Ngarai Sianok, dll), Danau (Singkarak, Maninjau, dll) hingga Gunung (Marapi, Singgalang dll). Wisata kuliner??? jangan ditanya karena masakan orang minang sudah terkenal dimana-mana, Hahaha… Siapa yang tidak kenal Randang(Rendang), Dendeng dan masih banyak lagi. Untuk makanan kecil yang terkenal ada Keripik Sanjai… Soal budaya juga banyak sebut saja Tari Piring, Tari Pasambahan, Randai, Alat Musik Saluang, Talempong, bahkan Silek nya juga terkenal sampai ada film nya.

Terima Kasih. . .

#mfnst #sumbar #minang #map #digitalart #typography #design #illustration #digitalpaint #painting  #drawing #wallpaper #picture #art #artwork #creative #nice #cool 

Sumber
Gambar:
Artikel :
mfnst (Muhammad Fadli Nasution)