Saturday 23 January 2016

JAM GADANG TYPOGRAPHY ART

Jam Gadang Typography Art [oleh: mfnst]
Salam. . .

JAM GADANG 


JAM GADANG adalah landmark nya kota Bukittinggi. Jam Gadang atau “Jam Besar” (gadang=besar) adalah sebuah menara jam, pada menara ini terdapat 4 buah jam dengan diameter masing-masing 80 cm. Unik nya penulisan angka 4 romawi pada jam ini ditulis dengan IIII bukan IV  (setelah saya baca beberapa sumber hal ini ternyata tidak terjadi pada jam ini saja, banyak juga jam yang angka 4 nya ditulis romawi dengan III bukan IV).


Sejarahnya Jam Gadang dibangun pada tahun 1926 pada masa pemerintahan Hindia-Belanda. Menara jam ini dirancang oleh Yazin Sutan Gigi Ameh. Bentuk atap Jam Gadang telah mengalami tiga kali perubahan. Pada jaman Belanda atapnya berbentuk bulat dengan patung ayam jantan di atasnya. Pada jaman pendudukan Jepang mereka mengganti bentuk atapnya seperti atap klenteng. Kemudian setelah kemerdekaan bentuk atapnya diubah menjadi bergonjong empat seperti atap rumah adat Minangkabau (bergonjong).

Terima Kasih. . .

#mfnst #sumbar #minang #jamgadang #bukittinggi #digitalart #typography #design #illustration #digitalpaint #painting #drawing #wallpaper #picture #art #artwork #creative #nice #cool

Sumber
Gambar:
Artikel :