Saturday 2 January 2016

TYPOGRAPHY ART

Typography Art [oleh: mfnst]
Salam. . .
Typography atau Tipografi adalah semua hal (baik seni ataupun teknik) tentang mencipta, mengatur ataupun memodifikasi huruf, karakter ataupun kata-kata yang tertulis. Media penulisannya bisa dimana saja seperti media cetak ataupun elektronik. Tipografi ada di mana-mana lihat saja disekitar kita smartphone, buku, koran, t-shirt, televisi semua menggunakan Tipografi.


Sebelum era digital seperti sekarang, Tipografi merupakan suatu yang sangat khusus terbatas pada dunia buku, majalah, koran, iklan dan kemasan produk. Setelah sekarang internet menjadi media grafis dan bisa diakses oleh hampir setiap orang, Tipografi berkembang dengan sangat cepat contohnya saja jenis font yang banyak tersedia di internet, tipografi berkembang tidak hanya pada pemilihan font, pengaturan spasi, tata letak namun berkembang menjadi sebuah karya seni yang juga bermacam-macam jenis dan bentuknya.


Apakah Tipografi merupakan karya seni? ? itu sama halnya dengan menanyakan apakah fotografi adalah sebuah karya seni. Tipografi dan fotografi dengan ide-ide dan teknik yang baik bisa meningkatkan karya tersebut menjadi sebuah karya seni.

Dalam sebuah komunikasi visual, Tipografi menjadi elemen penting ditambah dengan pilihan warna, tata letak dan ide desain grafis itu sendiri. Ketika dikomposisikan dengan baik maka tipografi bisa menjelma menjadi bentuk karya seni yang efektif dan menjadi bahasa visual yang bagus sehingga pesan yang ingin disampaikan tergambar dengan jelas.
Terima Kasih. . .

Sumber
mfnst (Muhammad Fadli Nasution)