Sunday 30 April 2017

KATANYA E&I ENGINEER – Road to PLN III [PLN Pusertif]

Salam. . .

Dan. . . tibalah saat yang mendebarkan yaitu pengumuman OJT (On the job traveling training) yang katanya berbasis penempatan, pengumuman yang menentukan dimana letak kehidupan berikut nya berlangsung, , , well memang dari awal mengikuti rekrutmen PT PLN  telah di ketahui bahwa penempatan akan di seluruh Indonesia, dan saya yakin setiap pendaftar diawal dengan semangat mengatakan bersedia, , , namun seiring berjalannya waktu akan berubah menjadi siap ditempatkan di seluruh Indonesia asalkan dekat dengan rumah. . . [^_^]
Tadaaaaa. . .
PLN PUSERTIF (Pusat Sertifikasi), di unit PLN inilah saya akan menjalankan kegiatan OJT yang berlangsung selama 45 hari kerja. . .

PT PLN (Persero) Pusat Sertifikasi (PLN Pusertif) yang beralamat di Jl. Laboratorium No.9, RT.6/RW.1, Duren Tiga, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta ini adalah salah satu unit Penunjang di lingkungan PT PLN (Persero) yang dibentuk untuk menjadi perusahaan yang dapat menyediakan jasa sertifikasi khususnya di pasar industri ketenagalistrikan.

Jadi tugasnya PLN Pusertif adalah menjustifikasi suatu proses, produk dan installasi bahwa telah sesuai dengan code, standard ataupun regulasi yang berhubungan.
PLN Pusertif memiliki 4 (empat) Sertifikat Akreditasi yang dikeluarkan oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), yaitu sebagai :
  1. Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu dengan produk berupa Sertifikat ISO 9001
  2. Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Lingkungan dengan produk berupa Sertifikat ISO 9001
  3. Lembaga Sertifikasi Produk dengan produk berupa Sertifikat SPM, SRM dan SNI (untuk produk yang telah disertifikasi SNI oleh PLN Pusertif akan berlabel <>LMK<>)
  4. Lembaga Inspeksi Teknik yang meliputi : Bidang Sistem Pembangkit dan Bidang  Sistem Transmisi dan Distribusi dengan produk berupa Sertifikat Laik Operasi, Rekomenasi Laik Bertegangan, Rekomenasi Laik Sinkron, Laporan Koomisioning)

Logo sertifikasi manajemen 
PLN Pusertif juga memiliki 1 (satu) Surat Penunjukan yang dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, yaitu sebagai :
  1. Lembaga Audit Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dengan produk berupa Sertifikat SMK3
Logo sertifikasi produk

Saya bersama 4 orang siswa prajabatan lain memulai minggu pertama OJT dengan pengenalan Proses bisnis di unit yang dahulu bernama PLN Jaser ini, Bapak2 dan Ibu2 pegawai disini sangat welcome, bersedia membagi ilmu dan pengetahuannya kepada kami dan pekerjaannya sejalan dengan pengalaman saya sebagai inspektor dan commissioning engineer, namun itu semua berubah setelah negara api menyerang. . . .???  

Last but not least. . . jika membeli peralatan listrik sepeti kabel, kontak, mini circuit breaker, belilah yang sudah berlabel <> LMK<>
Terima Kasih. . .

Sumber