Thursday 20 April 2017

KATANYA E&I ENGINEER – Road to PLN II [Udiklat Bogor]

Salam. . .

Setelah menjalani 10 hari latihan ala-ala militer di Pusat Pendidikan Zeni [Pusdikzi] Bogor, Selanjutnya kami siswa prajabatan S1 PLN angkatan 57 bertolak untuk melaksanaan diklat pengenalan perusahaan yang di selenggarakan di Resort Kinasih, Depok. Pada diklat ini kami belajar culture, tata nilai dan proses bisnis PT.PLN Persero.

Setelah 3 hari pengenalan perusahaan kami selanjutnya akan melaksanakan diklat pembidangan yang tempat pelaksanaanya disebar menjadi beberapa tempat yaitu: Semarang untuk bidang Engineering Control, Suralaya untuk bidang Pembangkit dan Lingkungan, dan Bogor untuk bidang SPI, Engineering System, Engineer Project, Engineer Distribusi, Niaga dan Logistik.

Photo Lambang PLN 57

Saya mendapat pembidangan Engineering System (Selanjutnya disebut ES), bidang yang sama sekali belum saya ketahui, mengerti apa itu ES saja belum. Dari Kinasih kami berangkat menuju Udiklat Bogor menggunakan beberapa bus. Setelah sampai pembagian kelas dan pembagian mess dimulailah hari-hari kami di Udiklat Bogor.
                                                                                                            
Photo Udiklat Bogor
Kehidupan di Udiklat bogor ini di setting menyerupai pendidikan di Pusdikzi, kami harus makan bersama-sama, perpindahan dilakukan dengan berbaris dan bernyanyi, setiap bertemu orang harus menyapa “Semangat Pagi” dan melaksanakan apel pagi dan malam.

Photo ES-B

Pembelajaran dilakukan setiap hari senin hingga jumat, dimulai jam delapan hingga jam lima sore… Saya tergabung ke dalam kelas ES-B. Ternyata setelah dikelas saya belajar bahwa bidang ES merupakan bidang yang membahas mengenai TRANSMISI. . .

Unit Penyaluran / Transmisi adalah Unit PLN yang menyalurkan tenaga listrik dari  pembangkitan sampai ke GI (Gardu Induk) melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 - 150 kV dan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV.

Photo ES-B


Selain belajar kami semua juga diwajibkan melakukan beberapa kegiatan seperti CSR, Yel-yel dan Inagurasi…

Photo CSR

Setelah berakhir pembidangan kami akan melanjutkan ke OJT,, bagian yang paling mendebarkan adalah dimanakah penempatan OJT?????

Terima Kasih. . .

Sumber