Friday 20 January 2017

SHERLOCK HOLMES


Sherlock Holmes [oleh: mfnst]
Salam. . .
Detektif Sherlock Holmes
Sherlock Holmes adalah seorang detektif fiktif ciptaan seorang penulis Skotlandia Sir Arthur Conan Doyle.  Holmes merupakan seorang detektif brilian yang berbasis di London, Holmes terkenal karena kehebatannya dalam menggunakan logika dan pengamatan yang tajam untuk memecahkan kasus. Dia mungkin adalah detektif fiksi paling terkenal.

Sir Arthur Conan Doyle menulis empat novel dan lima puluh enam cerita pendek tentang detektif ciptaan nya ini. Hampir semua cerita diriwayatkan oleh teman Holmes, Dr John H. Watson (kecuali dua diriwayatkan oleh Holmes sendiri dan dua lagi ditulis sebagai orang ketiga). Cerita-cerita bikinan Sir Doyle pertama kali muncul di serialisasi majalah, terutama dalam majalah The Strand - selama empat puluh tahun. 

Sekilas tentang Holmes dan kemampuannya
“A Study in Scarlet” yang merupakan kisah pertama Holmes memberikan beberapa gambaran tentang latar belakangnya antara lain. Ia lahir di Inggris pada tahun 1861, lalu sedikit yang diketahui tentang latar belakang keluarganya, kecuali bahwa dia adalah keponakan besar dari seniman Emile Perancis Jean Horace Vernet.  Juga diketahui bahwa di masa mudanya, Holmes setidaknya pernah kuliah di salah satu universitas negeri terkemuka, meskipun tidak bisa dipastikan apakah dia alumnus Oxford, Cambridge, atau keduanya.

Pada usia 20, dia memulai karir sebagai detektif konsultan pertama di dunia, mengambil kasus pertama, yang dikisahkan dalam "The Adventure of the Gloria Scott"  Oleh dr John Watson.
Dalam “A Study in Scarlet”, dr Watson membuat evaluasi keterampilan Sherlock Holmes:
Knowledge of Literature.—Nil.
Knowledge of Astronomy.—Nil.
Knowledge of Politics.—Feeble.
Knowledge of Botany.—Variable. Well up in belladonna, opium, and poisons generally. Knows nothing of practical gardening.
Knowledge of Geology.—Practical, but limited. Tells at a glance different soils from each other. After walks, has shown me splashes upon his trousers, and told me by their colour and consistence in what part of London he had received them.
Knowledge of Chemistry.—Profound.
Knowledge of Anatomy.—Accurate, but unsystematic.
Knowledge of Sensationalism;—Immense. He appears to know every detail of every horror perpetrated in the century.
Plays the violin well.
Is an expert singlestick player, boxer, and swordsman.
Has a good practical knowledge of British law.”
Kemudian di dalam cerita dijelaskan, bahwa daftar di atas adalah salah dan menyesatkan, catatan diatas timbul karena Watson baru saja mengenal Holmes dan membuat Watson tertarik. Dua contoh: Dari catatan diatas Holmes tidak mengerti politik namun dalam "A Scandal in Bohemia"  ia segera mengenali identitas sebenarnya dari Count Von Kramm. Mengenai pengetahuan sastra, pidato Holmes penuh dengan referensi Alkitab, Shakespeare, dan bahkan Goethe.

Holmes diceritakan juga merupakan seorang kriptanalis kompeten. Dia berkata kepada  Watson, "I am fairly familiar with all forms of secret writing, and am myself the author of a trifling monograph upon the subject, in which I analyze one hundred and sixty separate ciphers." Terbukti dalam sebuah kasus pada cerita "The Adventure of the Dancing Men", contohnya:


Holmes juga seorang ahli penyamaran:
Seorang pelaut (The Sign of Four)
Seorang pria dan seorang pendeta (A Scandal in Bohemia)
Seorang Pecandu opium (The Man with Twisted Lip)
Seorang pendeta tua italia (The Adventure of the Final Problem)
Seorang penjual buku (The Adventure of the empty house )
Seorang tukang ledeng (The Adventure of Charles Augustus Milverton)
Seorang pria sekarat (The Adventure of the Dying Detective)
Seorang Atlit tua (The Adventure of the Mazarin Stone)
Seorang wanita (The Adventure of the Mazarin Stone)

Holmes menguasai ilmu forensik modern:
Penggunaan jejak kaki, jejak sepatu, jejak cetakan sepatu kuda, trek roda kereta dan sepeda  untuk mengidentifikasi tindakan di TKP (A Study in Scarlet, The Adventure of Silver Blaze, The Adventure of the Priory School)
Penggunaan abu tembakau dan puntung rokok untuk mengidentifikasi penjahat (The Adventure of the Resident Patient, The Hound of the Baskervilles)
Penggunaan huruf yang ditulis untuk mengekspos kejahatan (A Case of Identity)
Pengamatan residu mesiu pada korban (The Adventure of the Reigate Squire)
Pengamatan penggunaan peluru dari senjata pembunuh dari dua TKP (The Adventure of the Empty House)
Penggunaan sidik jari untuk membebaskan orang yang tidak bersalah (The Adventure of the Norwood Builder) (an especially subtle case, as Holmes recognizes the fingerprint as a forgery)

Dalam "The Adventure of the Second Stain", dr Watson mengisahkan bahwa setelah karir yang panjang, Holmes pindah ke Sussex Downs dan membuka peternakan lebah. Namun di "pensiun"nya Holmes dikisahkan membantu negaranya saat mendekatnya Perang Dunia Pertama. Yaitu Pada tahun 1914, saat usia 53, ia berperan dalam penangkapan dan penahanan seorang mata-mata Prussian yang  dikenal sebagai Von Bork.
Kasus Von Bork tampaknya menjadi kasus terakhir Sherlock Holmes. Setelah penangkapan itu, Holmes kembali ke hidupnya di Sussex untuk menjalani hidupnya dengan tenang, memelihara lebah dan akhirnya menerbitkan buku tentangnya. Kisah nya setelah itu ataupun kematian-Nya tidak diketahui, tetapi ia hidup pada hari ini melalui catatan kasus yang mendebarkan, akan selalu diingat dan dianggap sebagai "World’s Greatest Detective".

Kepribadian dan kebiasaan Holmes
Holmes digambarkan sebagai seorang perokok berat, pada “sign of four”  Holmes dikisahkan menjadi seorang pengguna kokain dan morfin [Hanya pada saat otak nya “menganggur” yaitu saat tidak ada kasus yang harus diselesaikan].  Holmes juga digambarkan bersedia untuk “membengkokkan” kebenaran ataupun melanggar hukum ketika itu cocok dengan tujuannya.

Holmes sering dikatakan sangat “dingin”, namun ketika ada suatu misteri yang menurutnya menarik ia bisa menampilkan semangat yang luar biasa mengingat kelesuannya saat tidak ada kasus.

Dia memiliki bakat dan kecakapan dalam memainkan pertunjukan,  sering kali Holmes  mempersiapkan perangkap dramatis untuk menangkap pelakunya dari kejahatan yang “dipentaskan” untuk mengesankan Watson atau salah satu inspektur Scotland Yard (seperti pada akhir kisah "The Norwood Builder"). Holmes selalu terkesan merahasiakan petunjuk dan hasil yang telah didapatnya, hingga ia bisa menjelaskan semua potongan dan rentetan kejadian nya secara detail.

Holmes dceritakan sebagai orang yang tidak kenal kata takut. Ia dengan tenang melakukan pengamatan dan penyelidikan di TKP yang brutal dan mengerikan, ia tidak mengijinkan takhayul (seperti dalam” The Hound dari Baskervilles”)  atau situasi mengerikan membuatnya  takut, dan ia sering menghadapi pembunuh kejam.  Holmes juga tidak terpengaruh oleh ancaman dari musuh, dan memang Holmes sendiri berkomentar bahwa itu adalah bahaya profesinya yang membuatnya tertarik.

Orang-orang di sekitar holmes
dr. John H. Watson, yang tidak hanya teman tetapi juga penulis sejarah-nya. Sebagian besar cerita Holmes diceritakan sebagai narasi oleh Watson. Holmes kadang-kadang mengkritik tulisan Watson, biasanya karena Watson membuat kisah Holmes menjadi cerita-cerita menarik dibandingkan memaparkan secara obyektif dan rinci yang berfokus pada apa yang dianggap Holmes sebagai “ilmu”. 

Mycroft Holmes, Kakak Holmes seorang pejabat pemerintah, muncul dalam beberapa kisah antara lain “The Greek Interpreter”, “The Final Problem”, and “The Adventure of The Bruce-Partington Plans”. Diceritakan oleh Holmes bahawa mycroft lebih berbakat dan pintar dari pada Holmes.

Dalam tiga cerita, termasuk “The Sign of Four”, Holmes dibantu oleh sekelompok anak jalanan yang disebutnya Laskar Baker Street.

Aparat penegak hukum yang biasa bekerja dengan Holmes adalah (keempat polisi scotland yard)  G. LestradeTobias GregsonStanley Hopkins, dan Athelney (atau Petrus) Jones dan Francois Le Villard dari kepolisian prancis. Holmes biasanya membingungkan polisi-polisi tersebut dengan keahlian dan metode nya. Namun seperti kata holmes selalu merekalah yang mendapat “nama” dari masyarakat.

Profesor James Moriarty , Musuh besar Holmes yang populer, yang jatuh bersama dengan Holmes di air Terjun Reichenbach. Conan Doyle memasukkan kisah ini di "The Final Problem” yang dimaksudkan sebagai akhir kisah dari Holmes. Namun,  surat penggemar  yang ia terima menuntut agar ia menghidupkan kembali ciptaan-nya tsb. Lalu Sir Doyle dengan “The Hound of Baskervilles” membawanya kembali, meskipun ini adalah kasus Holmes sebelum kematiannya. Kembali di "The Empty House" sir  Conan Doyle menjelaskan bahwa hanya Moriarty yang jatuh ke jurang, tapi Holmes telah membiarkan dunia percaya bahwa ia juga telah tewas sementara ia sebenarnya berhasil menyelamatkan diri.

Holmes Quotations
"My name is Sherlock Holmes. It is my business to know what other people don't know." The Adventure of the Blue Carbuncle
"The air of London is sweeter for my presence."  The Final Problem
"My brain has always governed my heart." The Sign of Four
"Love is an emotional thing, and whatever is emotional is opposed to that true cold reason which I place above all things. I should never marry myself, lest I bias my judgment." The Sign of Four
"A man always finds it hard to realize that he may have finally lost a woman's love, however badly he may have treated her." The Musgrave Ritual
"When a woman thinks that her house is on fire, her instinct is at once to rush to the thing which she values most. . . A married woman grabs at her baby — an unmarried one reaches for her jewel box." A Scandal in Bohemia
"There is nothing more deceptive than an obvious fact."  The Boscombe Valley Mystery
"You can...never foretell what any one man will do, but you can say with precision what an average number will be up to. Individuals vary, but percentages remain constant."  The Sign of Four
"Education never ends, Watson. It is a series of lessons, with the greatest for the last." The Adventure of the Red Circle
"You see, but you do not observe." A Scandal in Bohemia
"When you have eliminated all which is impossible, then whatever remains, however improbable, must be the truth."  The Adventure of the Blanched Soldier
"I never make exceptions. An exception disproves the rule." The Sign of Four
"Come at once if convenient if inconvenient come all the same." The Adventure of the Creeping Man
"I am inclined to think" said I. "I should do so," Sherlock Holmes remarked, impatiently." The Valley of Fear
"Should I ever marry, Watson, I should hope to inspire my wife with some feeling which would prevent her from being walked off by a housekeeper when my corpse was lying within a few yards of her." The Valley of Fear

Terima Kasih. . . (CMIIW)

Sumber
Novel Sherlock Holmes
http://www.sherlockian.net/  Sherlockian.Net
http://www.sherlocked.org/ Komunitas Fans Sherlock Holmes Indonesia