Saturday 10 June 2017

KATANYA E&I ENGINEER – Road to PLN VII [Sistem Kelistrikan Indonesia]

Salam. . .

Energi listrik adalah penunjang hidup dengan segala kebaikan nya yang dapat menggerakan perekonomian suatu negara. Perusahaan Listrik Negara (disingkat PLN) atau nama resminya adalah PT. PLN (Persero) adalah sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia.

Secara sederhana listrik yang ada dan disalurkan kerumah pelanggan di Indonesia harus melalui tiga tahap yakni listrik diproduksi di Pembangkitan disalurkan melalui Jaringan Transmisi dan di Distribusikan ke pelanggan baik pelanggan Bisnis, Rumah Tangga, Sosial dan Publik.

Pembangkit listrik adalah bagian dari sistem tenaga listrik untuk memproduksi dan membangkitkan tenaga listrik dari berbagai sumber tenaga, seperti PLTU, PLTN, PLTA, PLTS, PLTSa, dan lain-lain. Pengelolaan pembangkit listrik di Indonesia dilakukan oleh beberapa pihak yaitu PLN, Anak perusahaan PLN (IP & PJB) dan IPP (Swasta)

 

Transmisi dan Operasi merupakan media yang digunakan untuk mentransmisikan tenaga listrik dari Generator Station/ Pembangkit Listrik hingga distribution station. Sistem transmisi sepenuhnya dikelola oleh PLN.

 

Distribusi merupakan bagian yang mengalirkan energi listrik dari gardu induk hingga sampai pada konsumen pengguna listrik.

 

Terima Kasih. . .

Sumber
mfnst [Muhammad Fadli Nasution]