Tuesday 20 June 2017

KATANYA E&I ENGINEER – Road to PLN VIII [Gardu Induk]

Salam. . .

Gardu Induk. . . ini adalah tempat yang akan sering saya kunjungi pada saat bekerja di bagian transmisi. Lalu apa itu gardu induk???

Gardu Induk adalah instalasi listrik yang berfungsi sebagai pengatur tegangan dan pengatur beban dalam transmisi listrik. Listrik di indonesia di transmisikan (disalurkan) dalam tegangan yang berbeda-beda tergantung kebutuhannya yaitu 500KV, 275KV, 150KV, 70KV dan 20KV. GI disini berperan dalam mentransformasikan tegangan tersebut. GI juga berperan dalam mengatur beban yaitu menyalurkan dan mengatur pembagian beban hingga sampai ke konsumen.


Gardu Induk sendiri terdiri dari berbagai macam jenis tegantung dari peralatan, fungsi ataupun rating tegangan nya seperti GI konvensional, GIS (Gas Insulated Switch Gear), GI penaik tegangan, GI penurun tegangan, GI pengatur tegangan dan GI tegangan Ekstra tinggi.

Di dalam GI sendiri terdapat berbagai macam peralatan listrik yang berfungsi untuk mengoperasikan dan menjalankan fungsi GI sendiri mulai dari Trafo, PMT, PMS, CT, PT dan lain-lain


Terima Kasih. . .

Sumber
mfnst [Muhammad Fadli Nasution]